10 Manfaat Lengkuas yang Tak Cuma Bumbu Masak: Obat Herbal

Jakarta -Selain sebagai bumbu masak, lengkuas juga memiliki khasiat sebagai obat herbal.

Dalam bumbu masak lengkuas sering dikombinasikan dengan bawang putih dan cabai.sedangkan olahan lengkuas dalam bentuk jamu disebut kudu laos.

Jamu ini dapat mengatasi permasalahan lambung, masuk angin dan meningkatkan nafsu makan.

Manfaat Lengkuas Resep kudu laos terdiri atas bawang putih, mengkudu, merica putih, buah asam, gula pasir, gula jawa dan garam.

Berikut ini b 1.

Mengandung Anti-inflamasi Sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam lengkuas bermanfaat dalam pengobatan arthritis dan rheumatoid arthritis.

2.

Obat Mabuk Perjalanan Mabuk laut dan mabuk perjalanan dapat diatasi dengan mengunyah beberapa potong lengkuas segar.

3.

Mengatasi Peradangan Lambung Orang yang memiliki masalah pada lambung dapat mengonsumsi lengkuas sebab rempah ini dapat memberikan efek hangat pada perut.

4.Mengandung Antioksidan Lengkuas mengandung sejumlah anti-oksidan yang membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lain dalam tubuh.

5.

Meningkatkan Sirkulasi Darah Dengan kemampuannya mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, lengkuas juga berpotensi dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

6.

Mengandung Sumber Vitamin Selain menjadi sumber yang kaya zat besi, natrium, vitamin A dan C, mengandung flavanoid dan fitonutrien.

7.

Menaikkan Kesuburan Pria Mengutip healthline dalam satu penelitian pada hewan, jumlah sperma dan motilitas meningkat pada tikus yang diberi ekstrak akar lengkuas.

Selain itu, dalam penelitian tiga bulan pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah, mengonsumsi suplemen harian yang mengandung lengkuas dan ekstrak buah delima menghasilkan peningkatan 62 persen dalam motilitas sperma.

Meskipun begitu hingga saat ini belum diketahui jelas apa faktor yang mengakibatkan peningkatan kesuburan pada pria.

9.

Mencegah Kanker Pada studi khusus mengenai lengkuas, kandungan rempah ini menyimpan kemampuan untuk membasmi dua jenis sel kanker yang terdapat pada usus besar, sel kanker payudara, saluran empedu, kulit dan hati.

10.

Meredakan Rasa Sakit Kandungan High Metoxyl Pectin (HMP) pada lengkuas dapat meredakan penyebab penyakit dan rasa sakit.

Lengkuas juga memiliki sifat anti-inflamasi yang termasuk dalam jenis fitokimia alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Berkunjung Ke Magelang? Jangan Lewatkan 5 Destinasi Wisata Alamnya
Next post Apa Saja Syarat Bikin SIM C dan SIM A