5 Cara Mandiri Finansial Di Hari Tua, Lakukan Selagi Masih Produktif

5 Cara Mandiri Finansial Di Hari Tua, Lakukan Selagi Masih Produktif

Setiap orang pasti ingin mandiri secara finansial di hari tua. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami manfaat BPJS Ketenagakerjaan, terutama pekerja mandiri. Padahal, untuk bisa menikmati hari tua tanpa perlu memikirkan kondisi keuangan harus dilakukan persiapan sejak sekarang.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan supaya di hari tua nanti tidak menjadi beban anak-anak dalam urusan finansial? Lima cara sederhana ini dapat Anda lakukan sejak sekarang!

5 Cara Mandiri Finansial Di Hari Tua, Lakukan Selagi Masih Produktif

  1. Buat Rencana Keuangan yang Baik dan Jangan Terlalu Boros

Perencanaan keuangan adalah hal paling utama yang harus Anda pikirkan. Seperti dilansir dari Insights, untuk mempersiapkan hari tua, Anda harus memiliki cash flow yang baik, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang yang Anda inginkan.

Jangan asal menghambur-hamburkan uang di saat masih produktif bekerja. Buatlah catatan secara rinci mengenai pos-pos pengeluaran Anda. Dengan begitu, Anda bisa melihat seberapa besar pengeluaran tiap bulannya dan berapa sisa uang yang masih Anda miliki.

  1. Sisihkan untuk Dana Darurat

Selain memiliki perencanaan keuangan yang baik, Anda juga harus memikirkan dana darurat. Mengandalkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan di hari tua. Sebab itu, sisihkan sebagian gaji Anda untuk dana darurat. Dengan begitu, jika ada kebutuhan mendesak, Anda tak perlu mengambil dari tabungan.

  1. Miliki Asuransi Atau Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Dilansir dari IDNTimes, memiliki asuransi adalah salah satu cara mempersiapkan hari tua yang lebih baik. Selagi masih aktif bekerja, Anda perlu membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, ataupun mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

Daripada gaji Anda habis untuk nongkrong dan keperluan konsumtif, lebih baik digunakan untuk membeli produk proteksi diri. Untuk pekerja mandiri pun, Anda dapat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resminya guna mempersiapkan hari tua sekaligus memproteksi diri.

  1. Ajarkan Anak untuk Mengelola Keuangan dengan Baik

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, buatlah komitmen bersama pasangan untuk mengajarkan cara mengelola keuangan yang baik kepada anak-anak. Makin dini mereka diajarkan untuk mengelola keuangan secara tepat, maka makin disiplin pula saat sudah besar nanti.

  1. Pertimbangkan Investasi untuk Hari Tua

Terakhir, pertimbangkan investasi jangka pendek dan jangka panjang untuk mempersiapkan hari tua. Melalui investasi, Anda akan mendapatkan keuntungan yang bisa digunakan saat tua nanti. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, seperti reksadana, saham, investasi properti, dan lain-lain.

Lima cara ini harus Anda terapkan sejak usia produktif jika ingin mandiri secara finansial dan menikmati manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, Anda juga harus menyisihkan sebagian gaji bulanan untuk menabung. Dengan begitu, Anda dapat menikmati hari tua tanpa harus mengkhawatirkan soal keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Invoice Adalah Bukti Transaksi, Bagaimana Tips Agar Pembeli Membayar dengan Lancar Previous post Invoice Adalah Bukti Transaksi, Bagaimana Tips Agar Pembeli Membayar dengan Lancar?
Penuhi Kebutuhan Pencetakan dengan Printer Ink Tank Terbaik Next post Penuhi Kebutuhan Pencetakan dengan Printer Ink Tank Terbaik