Kenali Perbedaan dari Cloud Hosting dan Shared Hosting

Kenali Perbedaan dari Cloud Hosting dan Shared Hosting

Anda tentunya sudah tidak asing dengan layanan cloud hosting murah. Ya, layanan ini menawarkan kepada anda hosting cloud dengan harga yang terjangkau. Tentunya anda dapat menemukannya melalui provider CloudHandal.

Hosting sendiri adalah layanan yang menyediakan server dan infrastruktur teknologi untuk menyimpan dan mengakses situs web atau aplikasi melalui internet. Ini memungkinkan individu atau perusahaan untuk membuat situs web atau aplikasi mereka tersedia secara online.

Setidaknya ada dua jenis hosting yang paling banyak digunakan saat ini, cloud hosting dan shared hosting. Masing-masing hosting tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan layanan hosting yang tepat untuk kebutuhan anda, pastikan untuk melakukan riset lebih lanjut mengenai fasilitas atau layanan yang akan diberikan oleh kedua host tersebut.

Kenali Perbedaan dari Cloud Hosting dan Shared Hosting

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah hosting web yang menggunakan banyak server untuk meningkatkan waktu aktif sambil menjaga stabilitas beban.

Cloud hosting menggunakan satu server tetapi memungkinkan situs web anda untuk mengakses kumpulan dan terlebih lagi, anda dapat menggunakan kumpulan sumber daya terpusat.

Cloud hosting menjaga stabilitas, jika satu server gagal, anda dapat menjalankan situs web dengan server lain tanpa gangguan.

Cloud hosting merupakan layanan hosting yang sering digunakan. Alasannya karena memiliki banyak keunggulan yang membuat penggunanya semakin puas. Bisa dikatakan keunggulan high hosting sangat berbeda dengan keunggulan layanan lainnya.

Beberapa manfaat cloud hosting yang harus diketahui pengguna adalah anda dapat memiliki cluster cloud anda sendiri, sumber daya pribadi, fokus pada uptime, skalabilitas yang mudah bagi pengguna, dan mendapatkan alamat ip khusus.

Beberapa kelemahan cloud hosting adalah keamanan server tidak terjamin, kerahasiaan data pribadi pengguna bergantung pada penyedia server, dan banyak penyalahgunaan data yang dapat diakses orang lain.

 

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis layanan hosting di mana server digunakan bersama dengan pengguna lain. Oleh karena itu, setiap klien memiliki akses ke berbagai sumber daya server seperti CPU, RAM, dan ruang disk yang digunakan bersama dengan klien lain di server yang sama.

Karena servernya dipakai bersama, hal ini tentu saja membuat layanan hosting jenis ini menjadi jenis hosting yang relatif lebih murah.

Karena penggunaannya, layanan ini cocok untuk situs yang tidak memiliki banyak trafik, seperti situs pribadi atau blog.

Bahkan layanan hosting jenis ini akan cocok untuk pebisnis baru yang tidak memiliki persyaratan tinggi terhadap performa website besar.

Jadi jika anda baru atau memulai bisnis dan anda tertarik untuk menggunakan layanan hosting, apakah anda dapat mempertimbangkan layanan ini sebagai jenis hosting yang anda butuhkan?

 

Perbedaan Antara Shared Hosting dan Cloud Hosting

Setelah memahami definisi shared hosting dan cloud hosting, anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan cloud hosting dan shared hosting di bawah ini.

  1. Cloud hosting
  • Performa situs web

Performa sebuah website berkaitan dengan performa server itu sendiri. Secara umum, cloud hosting memiliki performa website yang lebih cepat karena anda dapat mengakses data yang disimpan oleh beberapa server dalam satu lokasi.

  • Keamanan

Dari segi keamanan, cloud hosting relatif lebih aman karena jenis hosting ini menggunakan data mirroring yang sangat efisien. Cloud hosting memiliki beberapa solusi anti-malware dan lapisan opsi pemulihan.

  • Harga

Ini mungkin kelemahan cloud hosting karena sangat mahal dibandingkan dengan shared hosting. Meskipun harganya lebih tinggi, fitur, kapasitas, dan sumber daya yang akan anda dapatkan dengan hosting jenis ini sepadan dengan biaya yang akan anda keluarkan.

 

2.      Share Hosting

  • Kinerja

Dibandingkan dengan cloud hosting, dalam hal performa, shared hosting memiliki kecepatan situs yang lebih rendah. Ini karena satu server akan dibagi menjadi beberapa pengguna.

  • Keamanan

Dalam hal keamanan, peringkat hosting bersama lebih rentan daripada cloud hosting. Hal ini karena penggunaan alamat ip yang sama pada suatu situs dapat mempengaruhi kerentanan keamanan pada situs tersebut.

 

Layanan VPS murah Indonesia dari CloudHandal dapat anda pilih jika anda ingin lebih mengoptimalkan situs atau website anda disamping anda enggan menggunakan layanan cloud hosting. Entah apapun itu alasannya, memang pada faktanya hosting VPS memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibandingkan jenis hosting lainnya.

Demikian informasi mengenai perbedaan dari cloud hosting dan shared hosting. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda, terutama jika saat ini anda masih bingung untuk memilih layanan hosting yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Penyebab Jaringan Internet Mu Lemot Previous post 4 Penyebab Jaringan Internet Mu Lemot
Tutorial Make Up Natural untuk Acara Natal Paling Mudah Next post Tutorial Make Up Natural untuk Acara Natal Paling Mudah