Kunjungan Turis ke Batam Meningkat Setiap Bulan, Ini Penyebabnya

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Batam selama Juli 2022 melonjak menjadi 57.139 kunjungan.

Angka kunjungan ini mengalami kenaikan sebesar 44,03 persen jika dibanding jumlah wisman bulan sebelumnya.

Jumlah kunjungan wisman pada bulan Juni 2022 sebanyak 39.671 kunjungan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, beberapa hal menjadi faktor penunjang sehingga wisman berbondong datang ke Batam.

Salah satunya infrastruktur yang terus mengalami peningkatan di kota ‘Bandar Madani’ ini.

“Event juga menjadi faktor paling cepat mendatangkan wisman serta dapat meningkatkan length of stay (lama tinggal),” ujar Ardi, Jumat, 3 September 2022.

Ardi melanjutkan, pendorong kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara juga disebabkan oleh kebijakan pemerintah pusat yakni tidak diberlakukannya tes Antigen, PCR, karantina, dan kewajiban adanya asuransi.

“Selain itu amenitas yang lengkap dan atraksi juga menjadi daya tarik wisatawan,” katanya.

Ia berharap kunjungan wisman ini memberikan dampak yang baik bagi perekonomian Kota Batam.

“Dengan bergairahnya kembali wisata Kota Batam dapat meningkatkan PAD Kota Batam.

Karena beberapa sektor jenis pajak didukung oleh pariwisata yakni hotel, restoran, hiburan dan sebagainya,” terangnya.

Menurut data BPS, wisman berkunjung melalui pintu masuk yang ada di Kota Batam yaitu Pelabuhan Ferry Batam Center, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Ferry Harbourbay, dan Bandar Udara Internasional Hang Nadim.

Wisman didominasi turis dari Singapura yakni sebanyak 31.175 kunjungan.

Sementara kunjungan wisman Malaysia sebanyak 7.426 kunjungan, India 3.629 kunjungan, Cina 1.050 kunjungan ,Filipina 959, Australia 499 kunjungan, Amerika Serikat 530 kunjungan, Inggris 479 kunjungan, Jepang 451 kunjungan, serta Jerman 201 kunjungan.

Dari 10 negara wisman terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam tercatat semua wisman mengalami kenaikan jumlah kunjungan pada Juli 2022 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Selama Januari-Juli 2022, tercatat kunjungan wisman berkebangsaan Singapura sebanyak 66.951 kunjungan.

Jumlah kunjungan terbanyak yang kedua adalah wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 15.885 kunjungan atau 12,88 persen dari total kunjungan wisman.

Kunjungan terbanyak ketiga adalah wisman berkebangsaan India sebanyak 7.946 kunjungan atau 6,45 persen dan keempat adalah wisman berkebangsaan Cina yaitu sebanyak 2.385 kunjungan atau 1,93 persen dari total kunjungan ke Kota Batam selama periode yang sama.

Secara berturut-turut, jumlah kunjungan terbanyak setelah wisman berkebangsaan Singapura, Malaysia, India dan China pada rentang Januari sampai dengan Juli 2022 adalah Filipina (1,53 persen), Australia (0,98 persen), Amerika Serikat (0,96 persen), Inggris (0,92 persen), Jepang (0,68 persen) dan Jerman (0,36 persen).

Kontribusi dari wisman 10 negara tersebut yaitu 81,00 persen dari total seluruh kunjungan wisman ke Batam dalam kurun waktu tersebut.

YOGI EKA SAHPUTRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Manfaat Ekstrak Tumbuhan Patikan Kebo
Next post Kenaikan Harga BBM, Bantul Tunda Rencana Kenaikan Retribusi Wisata