Pentingnya Integritas dalam Bekerja

Pentingnya Integritas dalam Bekerja

Integritas adalah bertindak secara konsisten antara apa yang dikatakan dengan yang tingkah lakunya, sesuai dengan nilai-nilai kebaikan yang berlaku di masyarakat. Nilai-nilai tersebut berasal dari nilai yang diterapkan dan berlaku di tempat kerja, masyarakat, dan nilai moral pribadi. Pengertian lainnya juga integritas dapat diartikan sebagai suatu konsep kejujuran. Di mana orang yang berintegritas adalah orang yang jujur. Pada dasarnya, integritas merupakan karakter yang perlu dimiliki oleh setiap orang sebagai bentuk dari tanggung jawab terhadap tugas, pekerjaan, aktivitas sehari-hari, dan dalam kehidupan bersosial.

Karena sikap yang tidak memiliki nilai integritas untuk hal sekecil apapun akan memupuk bibit awal terjadinya koruptif pada dirinya. Karena seseorang yang tidak berintegritas sudah terbiasa untuk berbuat curang, hanya peduli akan kepentingan pribadi, dan nyaman mengambil hak orang lain. Sehingga nilai integritas sangat penting, apalagi diterapkan dalam dunia kerja.

Integritas dalam Bekerja

Integritas dalam bekerja merupakan suatu budaya yang perlu diterapkan oleh semua pekerja pada perusahaan agar dapat memiliki karir yang baik. Integritas dan karir sangat berhubungan, di mana karyawan yang memiliki integritas akan lebih termotivasi, bekerja keras, disiplin, dan lebih produktif dalam bekerja. Orang yang berintegritas akan memiliki prinsip yang kuat dalam menjaga produktivitasnya. Tentunya hal tersebut menambah nilai kinerja seorang karyawan. Sehingga perusahaan juga akan mengapresiasikan kinerja dari karyawan tersebut, seperti pemberian bonus hingga promosi kenaikan jabatan.

Karakter yang Berhubungan dengan Integritas

Terdapat beberapa karakter yang berhubungan dengan integritas dalam bekerja, yang terdiri dari :

1. Hormat

Sesuai dengan pengertiannya, seseorang yang memiliki integritas juga akan memiliki karakter untuk menghormati orang lain, seperti kepada atasan dan rekan kerja. Contohnya, ketika ada rekan kerja yang memberikan usulan atau kritik terhadap pendapatnya, meski tidak sesuai, seseorang yang berintegritas akan tetap menghormatinya dan menerima sebagai bahan pembelajaran.

2. Ramah

Selain menunjukan rasa hormat kepada atasan maupun rekan kerja, seseorang yang berintegritas tinggi juga pasti bersikap ramah kepada orang lain. Mulai dari caranya berbicara dan bersikap yang selalu terpuji dalam menghadapi dan memperlakukan orang lain. Tidak memandang kedudukan, ia akan selalu ramah dan tidak merugikan orang lain serta selalu mengungkapkan rasa terima kasih jika telah dibantu oleh orang lain.

3. Jujur

Integritas erat kaitannya dengan sikap kejujuran. Karena orang yang berintegritas selalu berusaha untuk jujur dalam setiap tindakannya. Ia juga tidak ragu untuk mengakui kesalahannya dan dapat bertanggungjawab atas setiap tindakannya. Sehingga orang yang memiliki integritas selalu dapat dipercaya.

4. Bekerja Keras

Salah satu alasan orang berintegritas itu memiliki karir yang sukses, karena mereka selalu bekerja keras. Mereka akan selalu totalitas dalam mengerjakan pekerjaannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Dengan bekerja keras tidak hanya dapat meningkatkan karirnya, tetapi juga dapat memberikan kemajuan terhadap perusahaan.

Dampak dari sikap integritas tidak hanya akan berpengaruh pada diri sendiri, tetapi akan mempengaruhi orang dilingkungan sekitar dan juga kemajuan perusahaan. Orang berintegritas tidak akan menjerumuskan dirinya sendiri dalam perbuatan curang hingga koruptif.  Karena ia tahu betul hal tersebut sudah pasti akan merugikan dirinya sendiri. Dalam bekerja, seseorang yang berintegritas akan patuh pada kode etik yang telah disepakati, tidak tergoda melakukan penyelewengan dengan wewenang yang dimiliki. Dengan memiliki pribadi yang integritas maka seseorang akan selalu berusaha untuk konsisten setiap perkataannya dengan tindakan yang dilakukannya, menjaga rahasia perusahaan, dan menghormati orang lain. Kepribadian integritas ini juga akan membangun kepercayaan kepada atasan, rekan kerja dan juga dapat membangun citra baik perusahaan.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai sikap integritas dan pentingnya memiliki sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari, yuk, kunjungi situs https://aclc.kpk.go.id/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Perbedaan Jika Menggunakan Aplikasi Laundry untuk Bisnis Anda Previous post Ini Dia Perbedaan Jika Menggunakan Aplikasi Laundry untuk Bisnis Anda
6 Alasan Anak Muda Wajib Ikut Pelatihan Online Bersertifikat Next post 6 Alasan Anak Muda Wajib Ikut Pelatihan Online Bersertifikat