Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Ruang Baca dan Diskusi di Tengah Kota Jakarta

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu adalah taman yang berada diantara kompleks, pusat perbelanjaan dan terminal Blok M.

Taman ini membawa konsep baru sebagai taman literasi karena memiliki ribuan koleksi buku yang bisa diakses masyarakat.

Berdiri sejak 1948 pada masa awal kemerdekaan dan sempat tidak aktif, taman ini direvitalisasi sejak akhir 2021 dan diresmikan pada 18 September 2022.

Setelah revitalisasi, taman ini diintegrasikan ke dalam bagian pengembangan kawasan berorientasi transit dari Stasiun MRT Blok M dengan menampilkan desain tata ruang kota yang dapat menyatukan masyarakat, aktivitas, bangunan dan ruang publik yang memungkinkan agar dapat terhubung dengan mudah.

Pada peresmiannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan taman ini dapat menjadi tempat berkumpulnya warga serta masyarakat dari berbagai lapisan untuk berdiskusi serta membagikan ide dan dapat membangun budaya literasi dan menjadi wadah bagi para penggiat dan penulis buku.

Taman literasi ini juga diharapkan bisa membangkitkan Jakarta menjadi kota literatur.

Di taman ini terdapat lebih dari 3.000 koleksi buku dari Perpustakaan DKI yang dapat diakses dan dibaca dengan cukup dengan memindai barcode melalui ponsel.

Barcode tersebut bisa ditemui di tiga titik baca dengan jarak radius koneksinya 100 hingga 200 meter.

Selain menyediakan ruang baca serta diskusi, di taman ini tersedia area bermain yang dilengkapi dengan wahana untuk bermain anak.

Fasilitas lain di taman ini adalah perpustakaan, toko buku, musala hingga kedai kopi terdapat pada area Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini.

Selain dapat diakses menggunakan MRT, taman ini dapat diakses menggunakan TransJakarta dengan pemberhentian terakhir halte CSW, Kejaksaan Agung ataupun halte Blok M.

Sore menjadi waktu yang pas untuk menghabiskan waktu di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini dan dapat menjadi pilihan untuk menikmati langit blue hour dan serta hiruk pikuk kota Jakarta saat sore hari.

NADIA RAICHAN FITRIANUR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Inilah Daftar Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan
Next post Ziarah ke Pemakaman Raja-raja Mataram di Imogiri Mendaki Ratusan Anak Tangga